Membuat Cuplikan Posting Pada Blogspot

9:29 AM
Atau biasa disebut dengan istilah "Read more", karena kebanyakan orang menggunakan kata "read more" sebagai kata pemicu link yang akan membawa pembaca ke sisa artikel yang sedang dibacanya. Dengan membuat cuplikan ini, maka blog kita tidak akan kedodoran saat memposting artikel yang terlalu panjang, selain itu, juga blog kita akan tetap stabil dan enteng saat diakses se-seorang. Yaps, langsung saja kita pasang scriptnya.
 
Masuk Layout | Edit HTML. Beri tanda check/centang pada Expand template widget kemudian cari kode <p><data:post.body/></p> atau kalau tidak ketemu coba cari <data:post.body/> tanpa <p> dan </p>. Setelah ditemukan, ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini.
 

<b:if cond='data:blog.pageType ==&quot;item&quot;'/>

<style>.fullpost{display: inline}</style>

<p><data:post.body/></p>

<b:else/>

<style>.fullpost{display: none}</style>

<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Read more &#187;&#187</a>

</b:if>
 

Simpan perubahan.
 
Nah saat kita ingin memposting artikel, jangan lupa menyisipkan kode <span class="fullpost"> diantara tulisan yang akan ditampilkan dan tulisan yang akan disembunyikan. Contoh:

Cirebon Post (12/08). Seorang nenek-nenek berusia diatas 75 tahun diperkosa berulang kali oleh tiga kawanan pemuda preman. Hingga berita ini dimuat, pihak polisi belum bisa menemukan identitas dari ketiga pemuda sadis tersebut.
<span class="fullpost">


Atas peristiwa ini, sang korban mengalami guncangan yang sangat hebat. Ia meminta kepada pihak polisi agar secepatnya ketiga kawanan preman tersebut ditemukan. Saat wartawan dari Cirebon post mencoba langsung menanyakan peristiwa ini, sejenak nenek ini memejamkan kedua matanya yang sudah terlihat keriput sebelum akhirnya berbicara…“Pemuda itu keren dek! Kuat, perkasa, tidak seperti suami saya”, ungkapnya.

 
Font yang berwarna merah akan ditampilkan pada halaman utama blog, sedangkan sisanya akan dapat terlihat apabila pengunjung menekan link “Read more”. Lakukan ini setiap kita ingin memposting artikel.
 
NB: tulisan “Read more” bisa diganti dengan tulisan apa saja yang kita inginkan. Misalnya diganti dengan tulisan “Baca selengkapnya” atau “Read the rest of this entry” dll.

Saya hanya seorang blogger biasa yang sedang mencari ilmu di internet

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Arif
AUTHOR
12/21/08, 6:22 PM delete

Pinter nich nembak keyword, bikin orang penasaran :-o

Reply
avatar
Ghufron
AUTHOR
12/21/08, 6:42 PM delete

Keyword yg mana mas? :)

Reply
avatar
Arif
AUTHOR
12/21/08, 7:23 PM delete

nenek-nenek diperkosa =))

Reply
avatar
Risky febry
AUTHOR
12/22/08, 12:09 AM delete

Makasih mas gufron tk infonya!! Maju terus..

Reply
avatar
pakde
AUTHOR
12/25/08, 2:43 PM delete

Ya saya sdh mencoba. Kadang2 kelupaan, msh ada artikel yang "melorot" ke bawah . . . maklum bukan profesional spt mas Ghoefron ini. Thx tips-nya mas . . .
Salam.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
9/16/14, 1:10 AM delete

ga di kasih foto , mas ini bikin read more apa cuplikan posting boss makasih

Reply
avatar