Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Berpuasa

4:20 AM
Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Berpuasa : Menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan tidak akan menjadi masalah yang berarti bagi mereka yang sehat. Akan tetapi, lain lagi ceritanya, jika yang menjalankannya itu adalah orang yang memiliki masalah dengan lambungnya. Tentu, selain menahan lapar dan haus, juga penderita maag akan merasakan sakit yang luar biasa didaerah perutnya. Lantas, apakah penderita diperbolehkan tidak berpuasa? Tentu saja tidak!

Tips Agar Penyakit Maag Tidak Kambuh Saat Berpuasa

Tips Agar Penyakit Maag Tidak Kambuh Saat Berpuasa


Penderita maag tetap memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan, karena memang pada dasarnya menjalankan ibadah puasa tidak akan menyebabkan penyakit maag kambuh. Hanya saja, penderita maag harus benar-benar memperhatikan pola makannya selama ia menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini tips sehat agar penyakit maag Anda tidak kambuh saat menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan, seperti dikutip www.tanyadok.com:

1. Saat sedang menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan, penderita maag sebaiknya mengkonsumsi makan-makanan yang cenderung memiliki proses pembakaran yang lambat didalam tubuh, seperti karbohidrat kompleks. Salah satu contohnya yaitu kacang-kacangan, gandum, dan lain sebagainya.

2. Makanlah hanya makanan yang memiliki serat tinggi, seperti gandum, sayur-mayur (kacang hijau, kacang polong, bayam), buah-buahan, dan lain sebagainya.

3. Jangan sekali-kali penderita maag mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi, diantaranya brokoli dan minuman yang bersoda.

4. Penderita maag sebaiknya menghindari kopi, sari buah jeruk, atau makanan/ minuman apapun yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung. Apalagi sampai mengkonsumsi minuman beralkohol!

5. Jangan coba-coba mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna, karena makanan tersebut akan menyebabkan meningkatnya peregangan dilambung Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan asam lambung meningkat sehingga penyakit maag Anda kambuh. Makanan yang sulit dicerna antara lain yaitu makanan yang memiliki lemak tinggi, seperti coklat, kue tar, atau keju.

6. Jangan pernah mengkonsumsi makanan yang dapat merusak dinding lambung Anda secara langsung, antara lain cuka, merica, pedas, atau makanan lainnya yang sifatnya merangsang.

7. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan melemahnya klep kerongkongan bawah, karena mengkonsumsi makanan tersebut akan mengakibatkan cairan lambung mudah naik ke atas. Salah satunya, makanan berlemak, coklat, dsb. Juga, sebaiknya menghindari makanan tersebut saat Anda hendak beranjak tidur.

Selamat menjalankan ibadah puasa...

Baca juga: Cara Membuat Ramuan Obat Sakit Maag Alami.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »