Apa Itu Yazidi Dan Sejarahnya

12:07 AM
Apa Itu Yazidi Dan Sejarahnya : Kepercayaan Yazidi pada dasarnya berakar dari agama Zoroaster yang lahir di Mesopotamia sekitar empat ribu tahun yang lalu. Akan tetapi, seiring bergulirnya waktu, Yazidi menjadi sebuah agama sinkretisme, yaitu perpaduan dari beberapa faham agama/ kepercayaan dan adat istiadat rakyat daerah, yang mencakup unsur-unsur Islam, Kristen, dan Yahudi.

Apa Itu Yazidi Dan Sejarahnya
Seorang Wanita Yazidi Tengah Mencium Batu Monumen Di Kuil Lalish Di Iraq (Foto: Reuters)

Penganut Yazidi percaya bahwa tuhan sebagai sang pencipta dunia beserta isinya. Dalam kepercayaannya, Yazidi berdoa kepada Tuhan sambil menghadap matahari dan memuja-muja tujuh "makhluk suci" yang disebut "malaikat" yang dikepalai oleh Melek Taus atau Malaikat Merak. Lebih menarik lagi, minoritas etnis Yazidi mengaku keturunan Adam namun bukan dari Hawa.

Menurut ajaran Yazidi, pernikahan dengan orang lain diluar golongan mereka adalah pelanggaran dan harus dihukum sesuai aturan adat istiadat etnis Yazidi. Minoritas etnis Yazidi melarang sebagian penganutnya memakan bayam dan hanya menggunakan pakaian berwarna biru. Hal ini yang menyebakan etnis Yazidi dituduh sebagai penyembah setan oleh kelompok lain diluar mereka.

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, populasi terbesar etnis Yazidi berada di Iraq dengan jumlah sekitar 650.000 jiwa. Selebihnya, minoritas etnis Yazidi tersebar di beberapa negara termasuk di Jerman, Suriah, Rusia, Armenia, Georgia, Swedia, Turki, dan Denmark.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »